Kalkulator berat badan atau BMI Calculator menjadi salah satu metode dalam melihat apakah berat badan tergolong normal, kurang, atau bahkan lebih. Metode perhitungan tersebut, biasanya disesuaikan dengan perhitungan Index Massa Tubuh atau IMT.

sehat24.com

Mempunyai berat badan ideal merupakan impian semua orang. Sebab, hal ini bisa menjaga penampilan dan kesehatan tubuh juga tetap terjaga. Selain itu, orang yang memiliki berat badan kurang atau berlebih, biasanya akan rentan terserang penyakit. Seperti daya tahan tubuh melemah, diabetes, hingga jantung.

Maka dari itu, anda perlu memantau berat badan secara rutin. Cara mendapat berat badan ideal adalah dengan menjaga pola makan dan olahraga secara rutin. Apabila kelebihan berat badan, anda cukup menguranginya dengan melakukan diet sehat.

Kriteria Berat Badan Ideal

Di bawah ini merupakan sebuah rumus menghitung berat badan ideal secara manual. Hal ini sebenarnya sama dengan BMI Calculator yang tersebar di internet :

  • IMT (Indeks Massa Tubuh) = berat badan (kg) : tinggi badan (m)²
  • Contohnya, berat badan anda 75 kg dan tinggi badan 1,75 m (175 cm). Kemudian langkah sederhana dengan memakai rumus di atas adalah dengan mengkalikan tinggi badan Anda dalam satuan meter yang dikuadratkan → 1,75 x 1,75 = 3,06.
  • Kemudian, Anda bagi angka berat badan dengan hasil kuadrat tinggi badan → 75 : 3,06 = 24,5.
  • Hasil nilai IMT Anda adalah 24,5.

Setelah melihat angka IMT, anda bisa menentukan apakah berat badan sudah ideal, kurang, atau malah berlebih. Berikut kriteria IMT berdasar Kementerian Kesehatan Republik Indonesia :

Nilai IMT kurang dari 18,5 (underweight)

Jika IMT Anda kurang dari 18,5, maka anda berada pada kondisi underweight. Hal ini membuat anda tergolong berat badan anda kurang, dan bukan berada pada kondisi yang sehat.

Hal tersebut akan menimbulkan resiko kesehatan pada tubuh anda. Seperti tubuh melemah, sistem kekebalan tubuh melemah, tulang menjadi rapuh, infertilitas, kurang gizi, dan sulit mendapat keturunan.

Nilai IMT 18,5 hingga 25,0 (normal)

Anda berada pada kondisi berat badan normal atau ideal jika berada pada angka 18,5 hingga 25,0. Akan tetapi sebagai catatan, mempunyai berat badan ideal bukan berarti membuat anda bebas melakukan apapun.

Nilai IMT Anda 25,1 hingga 27,0 (overweight)

Apabila hasil dari BMI Calculator menunjukkan angka antara 25,1 hingga 27,0, berarti anda berada dalam index berat badan berlebih atau gemuk atau overweight. Dalam kondisi ini, kesehatan anda bisa saja terganggu. Seperti terserang stroke, hipertensi, diabetes tipe 2, dan osteoarthritis. Dengan kondisi tersebut, disarankan untuk mengurangi berat badan.

Nilai IMT 27 atau lebih (obesitas)

Apabila hasil penghitungan berada di atas 27, sudah jelas anda berada di kondisi obesitas. Dalam kondisi ini, kesehatan anda sangat rentan terserang penyakit.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *